[Lesson-Action-Recognition] Iklan: Training Sertifikasi Instruktur Utama / Master Instructor BNSP

 

Training Sertifikasi Instruktur Utama / Master Instructor BNSP 
25-28 Mei 2016 
Swiss BelInn Lebak Bulus Jakarta Selatan


Untuk menjadi Instruktur utama ada 11 kompetensi yang akan di ujikan dengan cara asesmen oleh asesor dari BNSP.

uji kompetensi bukanlah seperti ujian tes masuk atau ujian nasional anak SMA. ujian kompetensi adalah mengumpulkan bukti bahwa orang tersebut kompeten menjadi trainer. jika anda mengaku hebat sebagai Trainer apa buktinya ada hebat?

nah di Ujian Kompetensi ini kita diminta mengumpulkan bukti bukti kita sebagai trainer yang hebat. bukti apa saja yang dikumpulkan untuk dapat diakui sebagai instruktur utama?

1. Bukti anda melakukan promosi K3 setiap pelatihan. bukti ini bisa dengan foto anda melakukan induksi K3 sebelum pelatihan, video anda melakukan training dimulai dengan induksi K3. atau membuat analisa K3 sebelum pelatihan jika selama ini anda tidak melakukan induksi K3 sebelum pelatihan. 

2 dan 3. bukti mengelola bahan dan peralatan pelatihan. anda bisa menunjukkan bukti cek list bahan atau peralatan yang anda siapkan sebelum pelatihan. jika sudah punya tinggal anda lampirkan buktinya. jika belum punya anda diminta untuk membuat cek list yang nanti akan ditanya oleh asesor. 

4. bukti anda memiliki kemampuan merencanakan program pelatihan. jika anda pernah melakukannya sebagai trainer anda tinggal melampirkan buktinya. jika belum punya anda diminta membuat perencanaan pelatihan mulai dari kebutuhan pelatihan, tujuan pelatihan metodenya, materinya apa saja, durasi waktunya sampai dengan biaya pelatihan 

5. bukti anda memiliki kemampuan membuat rencana pembelajaran. seorang trainer yang kompeten memiliki kemampuan untuk membuat rencana pembelajaran. jika anda terbiasa melakukannya di setiap training, anda tinggal melampirkan saja buktinya. jika tidak anda perlu membuat rencana pembelajaran. bagaimana anda memulai pelatihan apa saja isinya dan bagaimana anda mengahirinya. semua dibuat lengkap beserta metode, alat peraga, video aktivitas yang dilakukan dan durasi waktunya. 

6 dan 7. melatih kelompok kecil dan menyapaikan sesi pelatihan. anda perlu membuktikan bahwa anda piawai melatih kelompok kecil dan menyampaikan sesi pelatihan. buktinya bisa anda melampirkan video pelatihan anda, foto foto ketika anda mengajar materi pelatihan dan nanti anda akan diminta untuk memperagakan langsung cara mengajar anda di depan asesor. yang akan dinilai adalah apakah anda menguasai metode pelatihan dan menggunakannya ketika anda melakukan demonstrasi pelatihan. 

8. kompetensi yang berikutnya apakah anda memiliki kompetensi merencanakan dan mempromosikan program pelatihan. bukti yang dapat anda sertakan bisa berupa brosur pamflet, promosi web, strategi marketing pelatihan anda dan lain sebagainya. anda juga nanti akan diminta melakukan promosi langsung yang dinilai oleh asesor kompetensi.

9. seorang master trainer harus juga mampu melakukan evaluasi pelatihan. bukti yang dikumpulkan adalah serangkaian proses evaluasi pelatihan yang biasa anda lakukan mulai dari form evaluasi, form evaluasi yang sudah di isi, rekapitulasi evaluasi pelatihan dan juga laporan tindak lanjut dari pelatihan yang diadakan. yang diminta cukup sampai level 1 -2 kirkpatrick model namun jika sampai level 3 akan lebih bagus lagi. 

10. melakukan analisis persyaratan kompetensi adalah kompetensi inti dari kompetensi instruktur utama. apakah anda sebagai trainer mampu melakukan training need identification mulai dari level makro( melihat potensi pertumbuhan pasar) mikro (identifikasi kebutuhan organisasi dan bisnis) dan juga personal dari kompetensi job descnya?. jika anda sudah melakukannya ke klien anda tinggal menunjukkan buktinya saja. bisa berupa laporan identifikasi atau laporan kebutuhan training klien anda. jika belum anda diminta untuk membuat program Identifikasi kebutuhan yang nanti akan di verivikasi oleh asesor. 

11. intruktur utama juga harus memiliki kompetensi merancang dan membangun sistem pelatihan. jika anda adalah Learning Consultant di perusahaan anda tentu tidak asing lagi dengan kompetensi ini. anda diminta untuk membuat sistem pelatihan yang di dalamnya termasuk menjamin mutu pelatihan baik di lembaga training anda sendiri maupun di klien anda. oleh karenanya sertifikasi Instruktur Utama ini dimaksudkan kepada anda yang sudah memiliki lembaga training.

setelah menyandang pengakuan Instruktur Utama anda memiliki tugas lagi untuk menjaga kualitas dari pelatihan yang anda lakukan anda nanti akan di evaluasi terus oleh asesor apakah anda menjaga kompetensi anda atau tidak sebagai trainer bagaimana anda mengaku diri anda kompeten jika tidak ada lembaga independen yang mengakui keahlian kompetensi anda?

Anda akan disertifikasi sebagai Instruktur Utama oleh LSP-IKI yang telah terlisensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) untuk melaksanakan uji kompetensi. Buktikan anda kompeten menjadi Instruktur atau Trainer Diakui oleh Negara 

Outline 
• Introduction to Master Instructor Certification Program 
• Manage Training Material 
• Manage Training Equipment 
• Design Training Program 
• Train Small Group 
• Plan And Promote Training Program 
• Plan Seies Of Training Session 
• Deliver Training Session 
• Review Training 
• Analyze Competency Requirement 
• Design And Establish Training System 

Trainer 
Budiman Arief, S.Kom, MM 
Master Asesor BNSP

Syarat Peserta 
Minimal pengalaman 5 tahun mengajar 
Memiliki Lembaga Pelatihan sendiri atau pengelola lembaga pelatihan 
Membawa bukti Surat Keterangan mengajar atau SK Instruktur atau trainer dari Instansi tempat bekerja 

Investasi 
Normal Rp. 7.800.000 
Harga sudah termasuk biaya asesmen kompetensi Instruktur Utama dari BNSP 
disc 10% untuk pembayaran Lunas sebelum 20 Mei 2016 

Peserta dibatasi maksimal 25 orang. Segera daftar !!! 
Transfer Biaya Pendaftaran ke BCA 2370147054 an Adang Addha 
Konfirmasi Pembayaran foto bukti pembayaran via Whatsapp 081212012698
Info 081212012698 
Sertifikasi profesi anda sebagai Trainer oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi BNSP 

__._,_.___

Posted by: Adang Adha <adang.adha@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

Upgrade your account with the latest Yahoo Mail app
Get organized with the fast and easy-to-use Yahoo Mail app. Upgrade today!

Silakan bergabung di Fan Page Tangan Di Atas dan follow twitter @tangandiatas

Iklan dan promosi diperbolehkan HANYA pada hari Senin. Gunakan tag [Iklan] atau [Promo].

Sukseskan Mukernas TDA 4.0

.

__,_._,___


EmoticonEmoticon